Workshop dan Klinik Penyusunan Output Penelitian untuk Peningkatan Kualifikasi Dosen Tahun 2018 Wilayah Yogyakarta

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta telah menyelenggarakan Kegiatan “Workshop dan Klinik Output Penelitian Dosen” pada tanggal 22-23 Mei 2018. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan komitmen, semangat, dan motivasi peneliti/penulis untuk lebih produktif menulis dan mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya dengan landasan kesabaran, keaktifan, dan kreativitas.

Foto Kegiatan "Workshop dan Klinik Output Penelitian Dosen"
Foto Kegiatan “Klinik Output Penelitian Dosen”

Adapun tujuan khusus kegiatan pelatihan ini adalah agar para peserta pelatihan dapat:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang kebijakan, dasar falsafah, prinsip-prinsip, dan prosedur publikasi hasil-hasil penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam berkala ilmiah bereputasi internasional.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan akses ke berkala ilmiah bereputasi internasional.
  3. Meningkatkan kesadaran akan peran akademisi sebagai agent of change berlandaskan kemampuan untuk menulis artikel ilmiah dalam berkala ilmiah internasional.
  4. Meningkatkan motivasi untuk dapat mendiseminasikan temuan Penelitian Fundamental dalam bentuk artikel ilmiah yang siap dipublikasikan di berkala ilmiah internasional.
  5. Untuk jangka panjang, membangun dan memperkokoh jaringan komunikasi ilmiah antarpeneliti secara lokal, regional, nasional, maupun internasional.

Materi pelatihan dipilih melalui pertimbangan kepentingan praktis yang selama ini menjadi penghambat para penulis pemula. Rincian materi dan narasumbernya adalah sebagai berikut:

  1. Scientific significance for international publication, ethics, publication in digital era – oleh Iman Rusmana
  2. Introduction, approaches, methods, resulys& discussion, illustrations, table & graph – oleh Berry Juliandi
  3. Familiarizing with in-house style & on-line submission- oleh Siktus Gusli
  4. Language for scientific articles – oleh Ahmad Saudi Samosir

Pelatihan ini diselenggarakan mulai 22 d. 23 Mei 2018 di Hotel Grand Dafam Rohan, Jl. Janti – Gedong Kuning, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Jumlah peserta pada kegiatan ini yaitu 56 peserta/ Dosen yang berasal dari Perguruan Tinggi di sekitar wilayah Yogyakarta. Materi dan Dokumentasi dapat diunduh di link berikut http://s.id/W2018UAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *